Rabu, 14 Januari 2009

Contoh Kebakaran Hutan

CONTOH KASUS

Contoh Kebakaran Hutan :
· Lokasi : Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
Waktu : Tahun 2004
Penyebab : Pada tahun 1990-an mulai maraknya budaya tebang, kemas dan bakar. Budaya tersebut berkelanjutan hingga saat ini.
Akibat : Bandara tertutup asap, penyakit ISPA, roda perekonomian dan transportasi macet.
· Lokasi : Riau, Kalimantan Timur.
Waktu : 1982/1983 dan 1997/1998
Penyebab : Pada tahun 1990-an mulai maraknya budaya tebang, kemas dan baker. Budaya tersebut berkelanjutan hingga saat ini.
Akibat : Bandara tertutup asap, penyakit ISPA, roda perekonomian dan transportasi macet, kerugian material.

Musibah kebakaran hutan yang di ikuti bencana asap yang menutupi jarak pandang dan mengganggu pernapasan nampaknya sudah menjadi langganan negeri ini. Contoh diatas tadi berupakan segelintir bencana yang terjadi di negeri ini. Riau merupakan salah satu proponsi yang menjadi langganan untuk musibah ini.

Tercatat sejak 10-15 tahun terakhir ini, bencana alam yang satu ini tidak pernah ketinggalan. Sepanjang sejarah, Indonesia merupakan pemenggang rekor terluas. Di Riau pada tahun 1982/1983 hampir 3,5 juta hektare hutan hangus terbakar. Pada tahun 1997/1998 rekor kembali terulang, kali ini 11,7 hektare hutan yang menjadi korban.

Kerugian material sudah tak terhitung lagi. Mulai dari kerusakan hutannya, kerusakan sarana dan prasarana, biaya pengobatan pasien, dan terganggunya transportasi. Musibah ini tak hanya menimpa Negara Indonesia saja, melainkan juga merambat ke negeri tetangga seperti Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia. Indonesia pun akhirnya mendapat citra buruk, lantaran tidak mampu memadamkan kebakaran hutan secara tuntas. Sehingga negara tetangga pun ikut menyumbangkan tenaga dan dana bagi penanggulangan kebakaran hutan dan asap, mereka juga menyampaikan kritikan pedas bagi Indonesia.

Tidak ada komentar: